Selasa 05 Mar 2013 21:18 WIB

Abbas Bahas Perdamaian dengan Menlu AS

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
Foto: nytimes.com
Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Presiden Palestina Mahmoud Abbas akhirnya bertemu dan berbicara dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, di Riyadh, Arab Saudi, Senin (4/3) petang.

Dikutip dari kantor berita WAFA, Selasa (5/3), mereka berbicara mengenai perkembangan terbaru proses perdamaian (dengan Israel). Pertemuan itu diadakan tertutup, dan diikuti dengan sesi pertemuan delegasi kedua belah pihak.

Sebelum bertemu dengan Kerry, Abbas telah bertemu dengan para pejabat Arab Saudi. Dia memberi mereka penjelasan tentang situasi di Wilayah Palestina yang diduduki, terutama pelanggaran Israel di Jerusalem Timur Arab. Abbas kemudian meninggalkan Arab Saudi setelah bertemu Kerry.

Dilansir dari Haaretz, Selasa, dalam kunjungan resmi pertama Kerry ke luar negeri sebagai menlu, dia seharusnya datang ke Yerusalem dan Ramallah untuk bertemu Abbas. Tapi kunjungan dibatalkan atas permintaan Gedung Putih. Ini karena Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu masih belum berhasil membentuk pemerintah koalisi.

Setelah bertemu Abbas, dia melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab dan Qatar sebelum kembali ke Washington, AS, Rabu (6/2) besok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement