Rabu 06 Mar 2013 08:28 WIB

Jelang Pemilu, Menteri Pertahanan Austria Mundur

Menteri Pertahanan Austria, Norbert Darabos, yang mengundurkan diri.
Foto: ittf.com
Menteri Pertahanan Austria, Norbert Darabos, yang mengundurkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Menteri Pertahanan Austria, Norbert Darabos, Selasa (5/3) mengundurkan diri untuk menjadi sekretaris koalisi partai berkuasa terbesar. Langkahnya itu dilakukan kurang dari tujuh bulan sebelum negara itu melakukan pemungutan suara dalam pemilihan umum.

Darabos, dari Partai Sosial Demokrat (SPOe), menurut laporan AFP, akan digantikan oleh Anggota Parlemen Gerald King (44 tahun) yang memimpin kelompok parlemen SPOe itu. Darabos (48) pada Januari mengalami kemunduran besar pada saat warga Austria memberikan suara untuk tetap menjaga kenetralan negara dalam hal wajib militer.

Wajib militer bagi warga Austria sudah menjadi tradisi yang secara luas diperdebatkan menteri dan partainya. Gerakan itu dipimpin oleh Kanselir Werner Faymann, yang justru ingin menyingkirkan Darabos.

Perombakan itu terjadi dua hari setelah pemilihan daerah di Carinthia, tempat Partai Sosial Demokrat meraih kembali negara bagian selatan Austria, bekas kubu kanan jauh, untuk pertama kalinya sejak 1999.

Di majelis rendah Austria, hanya mencatat sebagai hasil terendah sejak tahun 1945. Dua pemilu daerah lainnya akan diselenggarakan sebelum pemilu legislatif pada 29 September.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement