Jumat 08 Mar 2013 18:44 WIB

Para Pemimpin Dunia Hadiri Pemakaman Hugo Chavez

Rep: Indah Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Hugo Chavez
Foto: REUTERS/Gil Montano
Hugo Chavez

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Lebih dari 30 pemimpin negara menghadiri pemakaman mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez pada Jumat (8/3). Para pemimpin dunia tersebut akan memberikan penghormatan terakhir buat mendiang Chavez.

Beberapa pemimpin dunia yang hadir nampak Presiden Kuba Raul Castro, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Politisi dari Amerika Serikat seperti Gregory Meeks dan William Delahunt dari Partai Republik. Turut hadir perwakilan Partai Demokrat dari New York dan Massachusetts, AS. 

Kehadiran sejumlah tokoh dari berbagai kalangan tersebut secara tak langsung menunjukkan sosok Chavez berpengaruh di dunia. Di kampung halamannya, kepergian sosok Chavez membawa kesedihan mendalam warganya. 

Jutaan warga Venezuela memberikan penghormatan terakhirnya sejak peti jenazah diarak menuju tempat persemayaman di akademi militer. Perdebatan tentang kelayakan Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk menggantikan Chavez di mata hukum masih ramai dibicarakan.

"Kita harus berpikir tentang masa depan dan adakah jaminan revolusi ini berlanjut?," ujar salah satu pedagang kaki lima Venezuela, Rolando Tarazon yang mengajak istrinya melihat tubuh sang Commandante untuk terakhir kalinya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement