Sabtu 09 Mar 2013 07:42 WIB

Pemberontak Kolombia Lepaskan Dua Sandera Jerman

Tentara Pembebasan Nasional (ELN) Kolombia.
Tentara Pembebasan Nasional (ELN) Kolombia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Kelompok gerilyawan terbesar kedua Kolombia ELN (Tentara Pembebasan Nasional) dilaporkan sudan membebaskan dua sandera asal Jerman Jumat (8/3 waktu setempat.

Kedua orang itu adalah Uwe Breuer dan Gunther Otto Breuer yang diculik ELN di Catatumbo, dekat perbatasan dengan Venezuela. Keduanya disandera sejak November. 

Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dalam sebuah pernyataan mengatakan, kedua orang Jerman itu dibawa dengan helikopter ke sebuah bandara terdekat di provinsi timurlaut Norte de Santander dan diserahkan kepada Kedutaan Besar Jerman dan perwakilan pemerintah Kolombia.

ELN sebelumnya menganggap kedua orang itu sebagai agen intelijen karena mereka tidak bisa menjelaskan mengapa mereka berada di daerah tersebut. Pemerintah Jerman mengatakan bahwa mereka pensiunan yang sedang melakukan perjalanan dengan kendaraan roda empat melewati Amerika Selatan.

Sejumlah sumber keamanan mengatakan, penculikan itu mungkin merupakan akal-akalan ELN agar mereka bisa diikutsertakan dalam perundingan perdamaian di Kuba antara pemerintah Kolombia dan kelompok pemberontak terbesar FARC. ELN adalah kelompok gerilya terbesar kedua Kolombia yang memiliki sekitar 2.500 anggota.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement