Senin 11 Mar 2013 10:36 WIB

Sopir Pemerkosa di India Gantung Diri

Pemerkosaan di India.
Foto: smh.com.au
Pemerkosaan di India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sopir yang mengendarai bus tempat perempuan India diperkosa berjamaah pada tiga bulan lalu tewas gantung diri di Penjara Tihar New Delhi, Senin (11/3).

Ram Singh adalah pelaku utama dari lima orang dan seorang remaja yang disidang karena penyerangan perempuan berusia 23 tahun di New Delhi. Pembunuhan tersebut memicu protes secara nasional dan memicu debat soal kejahatan yang menimpa perempuan di India.

Seorang sumber pejabat kepolisian mengungkapkan, Singh telah tewas bunuh diri. "Itu benar, dia mati,"ujar pejabat yang enggan disebutkan namanya tersebut kepada Reuters.

Saluran Televisi CNN-IBN melaporkan, Singh gantung diri dengan pakaiannya sendiri. Penjara Tihar adalah penjara dengan pengamanan terketat di India. Oleh karena itu, para pejabat disuguhi pertanyaan bagaimana peristiwa itu bisa terjadi.

"Dia tahu tetap bakal mati karena kami punya dia menghadapi tuduhan yang kuat,"ujar kakak korban.

Dia pun kecewa atas keputusan Singh untuk gantung diri. "Karena saya ingin melihat dia digantung di depan publik,"ujarnya. Dia pun berharap pelaku lainnya mendapat ganjaran setimpal dengan hukuman mati.

Pengadilan untuk lima pria dewasa mulai dengan peradilan yang cepat pada bulan lalu. Sementara untuk terdakwa dengan usia remaja dimulai pada pekan lalu.

Kakak Ram Singh, Mukesh Singh, Asisten pusat kebugaran Vinay Sharma, pembersih bus Akshay Kumar Singh dan penjual buah Pawan Kumar adalah nama para terdakwa. Mereka sudah membuat pembelaan tidak bersalah untuk perkara pemerkosaan dan pembunuhan.

Polisi mengenakan para terdakwa dengan enam penyerangan kepada perempuan dan teman lelakinya di bus ketika pasangan itu pulang usai menonton film pada 16 Desember 2012 lalu. Perempuan itu diperkosa berulang kali dan disiksa dengan baja.

Pasangan itu pun berulangkali dipukuli sebelum akhirnya dibuang ke jalan raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement