Kamis 14 Mar 2013 22:16 WIB

Mantan Pemimpin Khmer Merah Meninggal Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Pemimpin Khemer Merah
Pemimpin Khemer Merah

REPUBLIKA.CO.ID, PNOM PHEN -- Mantan pemimpin Khmer Merah, Ieng Sary meninggal dunia saat menjalani masa tahanan di Kamboja. Dia meninggal dalam usia 87 tahun.

Sary diadili karena genosida yang dilakukan di bawah rezim Maois 1975-1979. Ia menjabat sebagai menteri luar negeri saat itu dan sering menjadi satu-satunya kontak antara penguasa Kamboja dan dunia luar. 

Dia dan tiga terdakwa lain dituduh memimpin kampanye pembunuhan massal di mana dua juta tewas. "Kami mengkonfirmasi Ieng Sary meninggal pagi ini setelah dirawat di rumah sakit sejak 4 Maret, " kata juru bicara pengadilan Lars Olsen dilansir BBC

Ieng Sary yang dikenal dengan 'Saudara Nomor Tiga' didili pada November 2011 bersama 'Saudara Nomor Dua' Nuon Chea dan mantan kepala negara Khieu Samphan.

Ketiganya membantah tuduhan tersebut. Istrinya, Ieng Thirith juga dituntut tapi dia tidak mampu dihadirkan di persidangan karena sakit. Dia diduga menderita penyakit Alzheimer. 

Ieng Sary merupakan saudara ipar dari pemimpin Khmaer Merah, "Saudara Nomor Satu" Pol Pot. Saat bersembunyi di hutan Kamboja pada 1998, Pol Pot meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement