Jumat 15 Mar 2013 16:57 WIB

Jet Tempur Iran Kejar Drone AS

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Drone AS
Foto: NORTHROP GRUMMAN
Drone AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jet tempur Iran dilaporkan mengejar pesawat tanpa awak AS di sepanjang Teluk Persia. Sekretaris Media Pentagon, George Little, mengatakan insiden tersebut terjadi pada 12 Maret ketika drone AS melakukan misi pengintaian.

Pesawat perang Iran F-4 berada di 16 miles dari drone AS. Drone tersebut ditemani dua pesawat militer AS. Pejabat AS mengatakan dua pesawat melancarkan serangan ke jet Iran. Namun, kemudian pernyataan tersebut dibantah.

PressTV melaporkan pada 12 Maret, Komandan Pertahanan Udara Iran, Farzad Esmaili mengatakan Iran telah mengidentifikasi dan menolak pesawat Amerika yang mencoba menyusup wilayah udara di atas Laut Oman pada 10 Februari. Pesawat tersebut meninggalkan area setelah menerima peringatan dari unit pertahanan udara Iran.

Pada November 2012, Menteri Pertahanan Iran, Ahmad Vahidi mengatakan militer telah mengusir pesawat tidak dikenal yang melanggar wilayah udara Iran di atas perairan Teluk Persia.

Selain itu, Korps Pengawal revolusi Islam (IRGC), Laksamana Ali Fadavi, mengatakan pada 4 Desember 2012, pasukan IRGC menangkap pesawat tak berawak AS Scan Eagle di atas perairan Teluk Persia. Pesawat tersebut melanggar wilayah udara Iran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement