Ahad 17 Mar 2013 06:26 WIB

Kecelakaan Bus, 17 Peziarah Palestina Tewas

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Djibril Muhammad
Korban meninggal dunia (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban meninggal dunia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Sebuah bus yang membawa peziarah warga Palestina terbalik dan menabrak truk trailer di dekat Amman, Yordania, Sabtu (16/3). Sedikitnya 17 tewas dalam kecelakaan itu.

Sebuah sumber Pertahanan Sipil Yordania mengatakan, para peziarah Palestina sedang dalam perjalanan akan kembali ke Tepi Barat setelah mengunjungi tempat suci Muslim di Makkah dan Madinah di Arab Saudi. Mereka menuju ke Tepi Barat melewati Yordania, dan kemudian terjadi kecelakaan maut itu. 

"Sopir bus kehilangan kendali rem, tergelincir, dan bertabrakan dengan sebuah truk trailer di daerah al-Adasiay. Kemudian bus terbalik sekitar 20 kilometer (12 mil) dari jembatan Allenby," ujar sumber itu seperti dikutip dari Kantor Berita Palestina, WAFA, Ahad (17/3).

Awalnya Gubernur Jenin Talal Dweikat mengatakan, sebanyak 15 warga Palestina tewas, dan lebih dari 31 lainnya menderita luka-luka. Dia menuturkan semua korban yang luka dilarikan ke sejumlah rumah sakit untuk menerima perawatan.

Sementara Menteri Kesehatan (Menkes) Palestina Hani Abdeen mengatakan, jumlah kematian akibat kecelakaan itu meningkat menjadi 17. Dia menjelaskan, lima yang luka dalam kondisi kritis, dan 31 mengalami luka ringan sampai sedang.

Dia menambahkan, urusan administasi korban tewas kecelakaan itu sedang dilakukan supaya mereka dapat dimakamkan di tempat asal masing-masing.

Presiden Mahmoud Abbas mengirimkan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban yang tewas. Dia juga memerintahkan untuk menindaklanjuti korban yang luka, dan memberikan bantuan apa pun yang diperlukan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement