Ahad 17 Mar 2013 07:39 WIB

Pemimpin Lokal Haqqani Ditangkap dalam Operasi di Afghanistan Timur

Bendera Afghanistan
Foto: blogspot.com
Bendera Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Seorang pemimpin lokal kelompok Haqqani ditangkap di provinsi Afghanistan timur Khost, Sabtu (17/3). Demikian disampaikan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) yang dipimpin NATO.

"Pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi menangkap seorang pemimpin Haqqani selama operasi di Kabupaten Musa Khel, Provinsi Khost, hari ini (Sabtu, 16/3), " kata Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) dalam siaran pers.

Jaringan terkait Taliban Haqqani melakukan banyak serangan profil tinggi terhadap pasukan keamanan terutama di provinsi-provinsi Afghanistan timur dan ibu kota Kabul.

"Pemimpin itu dituduh melakukan kontrol operasional terhadap sel-sel ekstremis ganda dan secara pribadi memimpin pejuang dalam serangan terhadap pasukan Afghanistan dan koalisi," katanya menambahkan.

Selain itu, pasukan gabungan juga menangkap lebih dari dua puluhan gerilyawan termasuk beberapa pemimpin dalam operasi yang berbeda di seluruh negeri pada Kamis dan Jumat, kata siaran pers tersebut.

Pasukan keamanan Afghanistan dan pasukan ISAF telah mengintensifkan operasi pembersihan melawan Taliban dan gerilyawan lainnya baru-baru ini. Namun pemberontak menanggapi dengan pemboman.

Pada Rabu, 11 orang, termasuk beberapa anggota keluarga dari ketua parlemen Afghanistan, tewas dan delapan lainnya luka-luka ketika seorang pembom bunuh diri membenturkan diriya ke kerumunanyang sedang menonton permainan tradisional Buzkashi di provinsi Kunduz utara.

sumber : Antara/ Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement