Selasa 19 Mar 2013 21:00 WIB

Obama Desak Iran Ambil Langkah Soal Nuklir

Presiden AS Barack Obama.
Foto: AP Photo/Chris Carlson
Presiden AS Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada hari Senin mendesak Iran mengambil langkah-langkah segera dan berarti untuk bergerak menuju penyelesaian masalah panjang dengan dunia menyangkut program nuklirnya.

Obama menyampaikannya lewat sebuah pesan melalui video dalam rangka menghormati tahun baru Iran, Nowruz.

''Jika Teheran melakukan langkah tersebut, rakyat Iran akan mulai melihat keuntungan yang lebih besar di bidang perdagangan dan hubungan dengan negara-negara lainnya, termasuk Amerika Serikat,'' kata Obama.

Iran saat ini berada di bawah sanksi-sanksi internasional yang kian tajam karena program nuklirnya. Program yang ditakuti AS dan negara-negara Barat lainnya ditujukan untuk membuat senjata atom.

Iran sendiri berkeras bahwa program nuklir yang dimilikinya itu sepenuhnya bertujuan damai. Baik AS maupun Israel telah menolak mengesampingkan aksi militer untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

Isu tersebut kemungkinan akan menjadi agenda utama pekan ini dalam lawatan Obama pertama kalinya sebagai presiden ke Israel. Obama pekan lalu mengatakan bahwa Iran akan memerlukan waktu satu tahun atau sekitar itu untuk membuat bom nuklir.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement