Selasa 19 Mar 2013 17:19 WIB

Tentara Inggris Siksa Tahanan Irak Sampai Mata Copot dan Hidung Hilang

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Tentara Inggris. Ilustrasi
Foto: PA
Tentara Inggris. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Ayah dari seorang remaja Irak yang diduga dibunuh saat ditahan tentara Inggris selama perang Irak, mengatakan telah melihat mayat dengan mata dicabut dan hidung hilang.

Mizal Karim Al-Sweady mengatakan tubuh anaknya, Hamid (19 tahun), terlihat bekas disiksa. Dia mengatakan hanya melihat satu tubuh dengan mata hilang dan hidung patah.

Huffington Post melaporkan penyelidikan di pusat kota London mendengar ada perbedaan pernyataan  Al-Sweady yang diberikan kepada polisi Irak dan Polisi Militer Kerajaan.

Permintaan penyelidikan datang setelah ada klaim tentara Inggris menyiksa dan membunuh warga Irak pada Mei 2004. Dikatakan warga Irak dibunuh di kamp Abu Naji dan lima orang diduga disiksa.

Klaim tersebut dibantah Kementrian Pertahanan Inggris. Mereka menyatakan orang-orang mati dalam pertempuran. Hamid merupakan salah satu tahan yang tewas. Ayahnya kemudian menjadi saksi pertama dari 15 saksi yang akan didatangkan ke Inggris untuk penyelidikan.

Al-Sweady mengatakan kepada penyelidik dia mencari anaknya dengan melihat kantong mayat. Anaknya mengalami luka tembak di leher dan kulit seperti terbakar. Dia juga menggambarkan ada berbagai cedera yang dialami tahanan.

"Saya melihat kombinasi cedera seperti mata hilang, lidah dipotong, hidung dipotong, gigi dicabut, mayat dimutilasi dan berlumuran darah," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement