Selasa 19 Mar 2013 20:40 WIB

Pemenggal Wartawan AS Ditangkap di Pakistan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: A.Syalaby Ichsan
Daniel Pearl
Foto: nydailynews.com
Daniel Pearl

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pasukan paramiliter Pakistan telah menangkap seorang militan senior Qari Abdul Hayee  yang dituduh terlibat dalam pembunuhan wartawan Amerika Serikat (AS) Daniel Pearl pada tahun 2002 lalu.

Pasukan itu menangkap Hayee yang merupakan pemimpin kelompok militan Lashkar-e-Jhangvi di Karachi, Pakistan, Ahad (17/3). 

"Kami mengejarnya selama tiga pekan terakhir. Kami memiliki informasi bahwa dia (Hayee) berada di Karachi,’’ kata sumber pejabat kepolisian seperti dikutip dari New York Times, Selasa (19/3).

Pejabat tersebut mengatakan, tersangka  telah diserahkan kepada kepolisian Karachi pada hari yang sama. Akan tetapi, Kepolisian  Karachi  membantah bahwa Hayee berada dalam tahanan mereka, dan tidak jelas di mana dia ditahan. Para pejabat Pakistan juga menolak memberikan rincian penangkapan Hayee.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Hayee ditangkap sejak kematian Pearl. Dia sempat ditangkap pada tahun 2003 di Multan, Provinsi Punjab, Pakistan. Tapi dia kemudian dibebaskan dari tuduhan, dan hidup bebas di Provinsi Punjab.

Pearl adalah seorang reporter The Wall Street Journal. Dia diculik pada Januari 2002, dan dibunuh dengan cara dipenggal kepalanya pada Februari 2002 di Karachi. Pembunuhannya mengejutkan dunia dan menyoroti pertumbuhan gerakan Alqaeda.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement