Selasa 19 Mar 2013 23:40 WIB

Harga Bawang Putih Juga Naik di Malaysia

Pedagang mengambil bawang putih impor dari Cina untuk ditimbang di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pedagang mengambil bawang putih impor dari Cina untuk ditimbang di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Harga bawang putih di Malaysia yang saat ini dikisaran 7,50 ringgit per kilogram, sebenarnya juga sudah mengalami kenaikan hingga 100 persen sejak pertengahan tahun lalu, meskipun tingkat harganya tidak setinggi di Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun dari sejumlah media lokal menunjukkan bahwa harga bawang putih yang diimpor dari Cina pada pertengahan 2012 melonjak dari 3 ringgit menjadi 8 ringgit per kilogram, dan harga yang sebelumnya diperkirakan kembali normal pada akhir tahun, ternyata hingga Maret tetap bertahan tinggi.

Seorang pedagang di Pasar Chow Kit, Kuala Lumpur, Winarti (37), Selasa mengatakan, harga bawang putih tercatat 7,50 ringgit (sekitar Rp 23.250) per kg, bawang merah 5 ringgit per kg (Rp 15.500) , dan bawang merah besar 3 ringgit per kg (Rp 9.300).

"Harga bawang di pasar lain juga tidak jauh berbeda," kata pedagang asal Madiun, Jawa Timur tersebut. Ia mengaku, bawang yang dijualnya merupakan produk impor dari China.

Menurut Persatuan Import-Eksport Makanan, harga grosir bawang putih sekitar 6 ringgit per kg, dibanding 3 ringgit per kg pada awal 2012.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement