Sabtu 23 Mar 2013 08:18 WIB

Bahas Siprus, Ketua IMF Segera Temui Para Menkeu Eropa

Kepala IMF, Christine Lagrade
Foto: AP PHOTO
Kepala IMF, Christine Lagrade

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Ketua Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde, akan menghadiri pertemuan para menteri keuangan zona euro tentang Siprus. Keterangan itu disampaikan juru bicara IMF menyatakan Jumat malam.

Pertemuan di Brussel itu ditujukan untuk bekerja sama mencari solusi terakhir terhadap krisis keuangan di pulau kecil Mediterania itu. Sistem keuangan Siprus sedang memburuk setelah menolak rencana dana talangan Uni Eropa-IMF akhir pekan lalu.

Anggota parlemen Siprus awalnya menolak keras pengenaan pajak satu kali pada semua deposito bank untuk menghimpun 5,8 miliar euro (7,5 miliar dolar AS). Persyaratan tersebut diminta oleh IMF dan Uni Eropa jika negarai tu ingin mendapatkan 10 miliar euro untuk dana talangan krisis terbaru zona euro.

Pada Jumat malam, parlemen Siprus melakukan pemungutan suara untuk langkah-langkah alternatif yang banyak diharapkan akan menciptakan dasar bagi kesepakatan yang layak.

Salah satu langkah yang diusulkan adalah pajak 15 persen lebih terhadap deposito besar bank deposito, danh membiarkan mereka yang di bawah 100.000 euro tak tersentuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement