Selasa 26 Mar 2013 12:52 WIB

Anggota Kongres Minta Anggaran Mantan Presiden AS Dikurangi

Rep: Indah Wulandari/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kongres AS
Kongres AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Besarnya anggaran pembiayaan untuk tunjangan para mantan presiden Amerika Serikat diungkit kembali karena krisis ekonomi. 

Anggota Kongres dari Partai Republik Jason Chaffetz pun meminta ada pembatasan dana pensiun sekitar 200 ribu dollar ditambah 200 ribu dollar lagi untuk pembiayaan lain-lain.“Tidak ada mantan presiden AS yang jatuh miskin karena pengurangan ini,” ujar Chaffetz.

Pada tahun ini, Pemerintah AS mengeluarkan biaya hingga 3,7 juta dollar AS untuk para pensiunan presiden. Jumlah tersebut mencakup tunjangan mantan presiden sekelas George W Bush. Selepas menjabat di Gedung Putih, Bush masih dibiayai sekitar 1,3 juta dollar AS oleh pemerintah.

Janda presiden pun berhak pula mendapat tunjangan sebesar 20 ribu dollar AS per tahunnya. Seperti  Nancy Reagan, istri mendiang Ronald Reagan baru mendapat kenaikan tunjangannya menjadi 14 ribu dollar AS tahun lalu. Seluruh pembiayan tadi di luar biaya tim keamanan Secret Service yang ikut mengawal anggota keluarga mereka. 

Pembiayaan bagi eks presiden ini berdasarkan Akta Kepresidenan tahun 1958 yang disepakati Kongres. Pusat Penelitian Kongres menjelaskan, pembiayaan tersebut untuk meningkatkan kewibawaan mantan presiden serta memudahkan korespondensi dengan pemerintahan selanjutnya.

sumber : Associated Press
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement