Rabu 27 Mar 2013 16:31 WIB

Ilmuwan Swedia Selidiki Penggunaan Senjata Kimia di Suriah

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Karta Raharja Ucu
PBB
PBB

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menunjuk Profesor Ǻke Sellström dari Swedia sebagai Kepala Tim Pencari Fakta Dugaan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah.

Tim pencari fakta akan menyelidiki laporan dugaan penggunaan senjata kimia. "Sellstrom saat ini menjabat sebagai Project Manager di lembaga riset 'European Center for Advanced Studies of Societal Security and Vulnerability, in particular major incidents with Chemical, Biological, Radiological, Nuclear and Explosive Substances (CBRNE)' di Swedia," tulis PBB seperti dinukil dari Reuters.

Ia merupakan ilmuwan dengan latar belakang yang kuat di bidang pelucutan senjata dan keamanan internasional. Ia juga mengajar di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat. Selain itu, Sellstrom menjabat sebagai direktur di Institut Riset Pertahanan dan Keamanan Swedia (FOI).

Ia bertugas sebagai inspektur kepala di Komisi Khusus PBB (UNSCOM) dan penasihat senior di Komisi Pengawasan, Verifikasi dan Inspeksi PBB (UNSCOM dan UNMOVIC) untuk perlucutan senjata Irak.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement