Senin 01 Apr 2013 08:18 WIB

Kecelakaan di Pembangkit Nuklir Arkansas Tewaskan Satu Orang

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Satu orang tewas dan tiga orang lagi cedera, dalam satu kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat, Ahad (31/3). Demikian kata pengelola tempat itu.

Operator instalasi tersebut, Entergy, mengatakan dalam siaran persnya bahwa kecelakaan industri cukup besar terjadi sekitar pukul 07.45 waktu setempat di instalasi Arkansas Nuclear One di Russellville. Kecelakaan terjadi ketika satu stator generator jatuh sewaktu sedang dipindahkan ke luar gedung turbin.

"Ada satu korban jiwa dan tiga tambahan korban cedera," kata perusahaan itu.

"Kami sangat sedih dengan apa yang telah terjadi hari ini," kata Jeff Forbes, Wakil Presiden Pelaksana dan Kepala Petugas Nuklir Entergy, dalam siaran pers tersebut. "Simpati terbesar kami bersama keluarga dan teman-teman pegawai yang kehilangan nyawanya dan mereka yang terluka."

''Pekerja yang cedera telah dibawa ke satu rumah sakit yang berdekatan,'' kata beberapa pejabat sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Senin (1/4).

Entergy dan Departemen Kesehatan Arkansas mengatakan kecelakaan itu tidak mempengaruhi reaktor instalasi. Mereka juga mengatakan tak ada radiasi.

Entergy, yang merayakan ulang tahun ke-100-nya tahun ini, adalah perusahaan energi terpadu yang terutama terlibat dalam kegiatan produksi dan distribusi listrik.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement