Senin 01 Apr 2013 16:10 WIB

Kabut Tebal Sebabkan Kecelakaan Beruntun Amerika

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Karta Raharja Ucu
Jalan berkabut/ilustrasi
Foto: uh.edu
Jalan berkabut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kabut tebal yang menyelimuti jalur menuju Fancy Mpuntain Gap, di Virginia bagian barat daya, Amerika serikat, menjadi penyebab utama kecelakaan beruntun di Negeri Paman Sam, Ahad (31/3).

Tiga orang tewas dan 25 orang lainnya luka serius dalam kecelakaan maut yang melibatkan 95 kendaraan. Polisi setempat mengatakan, 17 kecelakaan terpisah terjadi di sepanjang jalur pegunungan dekat perbatasan Virginia dan Carolina Utara, AS. Jarak pandang yang pendek, membuat pengendara kendaraan roda empat di jalur tersebut menjenguk maut.

Sky News melansir ribuan kendaraan dengan kecepatan maksimum lalu lalang memanfaatkan jalan bebas hambatan ini. Kecelakaan terparah terjadi di kilometer ke-77.

Juru Bicara Kepolisian Virginia, Corrine Geller mengungkapkan kecelakaan terjadi sekira pukul 13.15 waktu setempat. Dari rekaman CCTV diketahui truk-truk kontainer berukuran besar keluar dari jalur dan menabrak tebing-tebing di sebelah kiri aspal.

Berbagai jenis mobil lainnya, terlihat terparkir di sepanjang jalan dalam kondisi remuk dan gosong seperti habis terbakar. Glen Sage, petugas medis yang berada di tempat kejadian mengatakan, jalur tersebut adalah gudangnya kabut.

Akibat kecelakaan maut ini, kepolisian harus menutup semua akses menuju jalan tersebut. "Pengemudi semula tidak masalah. Tapi terkadang, mereka tiba-tiba berada di dalam kubangan kabut tebal," tutur Sage.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement