Selasa 02 Apr 2013 08:06 WIB

Hari Ini Presiden AS Wilson Nyatakan Perang Terhadap Jerman

Rep: Niken Paramitha Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto
Perang Dunia I sebenarnya adalah perang Antar-negara Eropa
Foto: heritage.world
Perang Dunia I sebenarnya adalah perang Antar-negara Eropa

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 96 tahun lalu, Presiden AS Woodrow Wilson meminta kongres AS menyatakan perang terhadap Jerman. Dan mulailah perang dunia I menyeret Amerika Serikat, negara yang baru muncul di kancah internasional dan ternyata kemudian keluar sebagai pemenang.

Perang Dunia I (PDI) sebenarnya adalah perang global yang terpusat di Eropa. Dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini sering disebut Perang Dunia atau Perang Besar sejak terjadi sampai dimulainya Perang Dunia II pada tahun 1939, dan Perang Dunia Pertama atau Perang Dunia I setelah itu. Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi bertentangan, yaitu Sekutu (berdasarkan Entente Tiga yang terdiri dari Britania Raya, Prancis, dan Rusia) dan Kekuatan Sentral (terpusat pada Aliansi Tiga yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia.

Kedua aliansi ini melakukan reorganisasi (Italia berada di pihak Sekutu) dan memperluas diri saat banyak negara ikut serta dalam perang. Lebih dari 70 juta tentara militer, termasuk 60 juta orang Eropa, dimobilisasi dalam salah satu perang terbesar dalam sejarah. Lebih dari 9 juta prajurit gugur, terutama akibat kemajuan teknologi yang meningkatkan tingkat mematikannya suatu senjata tanpa mempertimbangkan perbaikan perlindungan atau mobilitas. Perang Dunia I adalah konflik paling mematikan keenam dalam sejarah dunia, sehingga membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.

Awalnya AS tidak mau terlibat dalam perang ini. Pada Desember 1916, Jerman berupaya menegosiasikan perdamaian dengan Sekutu. Presiden AS Woodrow Wilson berusaha mengintervensi semua negara. Namun Inggris menganggap tawaran Jerman sebagai jebakan untuk menciptakan perpecahan di kalangan Sekutu. Baru setelah Jerman menenggelamkan kapal selam AS

Sebelumnya Januari 1917, Jerman sempat curiga AS akan ikut dalam perang. Menteri Luar Negeri Jerman, dalam Telegram Zimmermann, mengundang Meksiko bergabung melawan Amerika Serikat. Sebagai imbalannya, Jerman akan mendanai perang Meksiko dan membantu mereka mencaplok kembali teritori Texas, New Mexico, dan Arizona. Telegram ini bocor dan Wilson menganggap ini sebagai undangan perang terhadap Jerman.

Amerika Serikat secara formal tidak pernah menjadi anggota Sekutu. Amerika Serikat hanya memiliki pasukan kecil, namun setelah pengesahan UU Dinas Selektif, pemerintah mewajibkan militer kepada 2,8 juta warganya. Pada musim panas 1918 Amerika Serikat mengirim 10.000 tentara baru ke Prancis setiap hari. Pada 1917, Kongres A.S. memberikan kewarganegaraan AS kepada warga Puerto Rico saat mereka mendaftar untuk ikut serta dalam Perang Dunia I sebagai bagian dari UU Jones.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement