Selasa 02 Apr 2013 20:49 WIB

Abbas Salahkan Israel Atas Kematian Tahanan Palestina

Mahmoud Abbas
Foto: AP/Majdi Mohammed
Mahmoud Abbas

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Presiden Palestina, Mahmud Abbas, menyalahkan pemerintah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, atas kematian seorang tahanan Palestina akibat kanker.

"Presiden Palestina menyatakan pemerintah Netanyahu bertanggung jawab atas kematian tahanan Maisara Abu Hamdiyeh pada hari ini di penjara Israel," kata juru bicara Abbas, Nabil Abu Rudeina, dalam pernyataan pada Selasa waktu setempat.

Pada Selasa pagi, Abu Hamdiyeh (64 tahun) meninggal di rumah sakit Soroka di kota Beersheva, Israel selatan, tempat ia menderita kanker tenggorokan. Demikian kata para pejabat Israel dan Palestina.

"Tahanan Maisara Abu Hamdiyeh meninggal hari ini. Ia menderita kanker," kata Qadura Fares, ketua kelompok Prisoners Club, yang bermarkas di Ramallah kepada AFP. Fares menyatakan Israel harus bertanggung jawab karena penolakannya untuk membebaskan Abu Hamdiyeh untuk menjalani perawatan.

Organisasi Pembebasan Palestina juga mengecam Israel. Mereka menuduh negara Yahudi itu melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan memperingatkan bahwa akan banyak lagi tahanan yang sakit mungkin meninggal.

"Kami masih mengamati situasi buruk dengan para tahanan yang mogok makan dan belasan kasus sakit yang lama yang memerlukan perawatan," katanya. "Dunia harus bertindak cepat sehubungan dengan kesehatan mereka yang memburuk."

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement