Senin 08 Apr 2013 19:48 WIB
Mengenang Margaret Thatcher

Ketika Pakaian Thatcher Laku Rp 1,1 M

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Heri Ruslan
Margaret Thatcher pada 1982
Foto: ap
Margaret Thatcher pada 1982

REPUBLIKA.CO.ID, Tujuh setel pakaian milik mantan perdana menteri Inggris Margaret Thatcher, termasuk yang ia kenakan ketika pertama kali dikukuhkan sebagai pemimpin Partai Konservatif, laku dengan nilai fantastis seharga 73 ribu poundsterling atau sekitar Rp 1,1 miliar. Ketujuh pakaian itu dibeli oleh dua penawar berbeda.

Di tempat pelelangan terkenal Christie, seperti dikutip AFP, seorang penawar anonim membeli khusus pakaian blazer wol warna hijau giok yang dipakai saat penobatannya sebagai pemimpin Partai Konservatif pada Februari 1975 seharga 25 ribu poundsterling atau sekitar Rp 379,4 juta. Sementara, enam setel pakaian lainnya diborong oleh penawar onlineasal Korea Selatan seharga 48,125 ribu poundsterling atau sekitar Rp 730,34 juta.

Ini merupakan pakaian pertama Thatcher yang dijual di tempat pelelangan publik. Pelelangan ini merupakan bagian dari Christie’s London Sale untuk memperingati 60 tahun Ratu Elizabeth II naik takhta.

Tahun lalu, tas ta ngan terkenal yang di ba wanya ketika memimpin Pemerintahan Inggris ber hasil dijual dalam lelang amal seharga 25 ribu poundsterling. Thatcher sering membawa tas hitam Asprey dalam acara-acara penting, se perti pertemuan dengan Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

Thatcher dikenal dengan julukan Iron Lady (Wanita Besi)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement