Selasa 09 Apr 2013 05:13 WIB

Ini yang Bikin Dialog Nuklir Iran Terancam Gagal

Instalasi Nuklir Iran
Foto: AP
Instalasi Nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS---Masih ada ruang dialog dengan Teheran terkait sengketa program nuklir mereka tetapi pemilihan presiden Iran pada Juni mendatang bisa membuat situasi lebih rumit lagi, kata seorang diplomat Barat. 

 

"Masih ada substansi yang cukup untuk melanjutkan negosiasi," kata diplomat itu setelah seri terakhir perundingan antara negara kuat dunia dan Iran gagal mencapai sebuah kesepakatan meskipun sebelumnya diharapkan perundingan itu membuahkan hasil. "Saya tidak berharap perundingannya gagal," kata diplomat itu.

Titik terpenting dari pembicaraan yang berlangsung di Almaty, ibu kota Kazakhstan itu meminta agar Teheran menghentikan kegiatan pengayaan uranium mereka dengan ganjaran agar Barat mengurangi sanksinya.

 

Iran gagal memberikan jawaban konkrit dan menyeluruh atas tawaran di meja perundingan itu meskipun sebelumnya telah menyatakan sejumlah niat untuk berkompromi, kata seorang pejabat setelah pembicaraan selesai pada Sabtu.

Para diplomat Barat mengatakan dialog itu tampaknya tidak menghasilkan apa-apa, meskipun pernyataan bernada positif Iran sebelum pertemuan Almaty digelar. "Faktor dinamika kekuasaan internal memiliki dampak terhadap proses negosiasi, mungkin akan lebih mudah ketika kita telah mengetahui siapa yang akan menjadi kandidat presiden," kata diplomat yang tidak mau disebutkan namanya itu. "Masalahnya selalu soal kepercayaan satu sama lain," katanya.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement