Selasa 09 Apr 2013 15:33 WIB

Putin Beri Jempol Buat Pemrotes Bugil

Rep: Indah Wulandari/ Red: Mansyur Faqih
Presiden Rusia Vladimir Putin (file photo)
Foto: AP/Misha Japaridze
Presiden Rusia Vladimir Putin (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOVER -- Kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pameran industri produk negaranya di Jerman menuai banyak protes dari kelompok lembaga swadaya masyarakat. Salah satu aksi protes ekstrem ditunjukkan kelompok feminis Ukraina, Femen. Mereka rela bertelanjang dada di hadapan Putin. 

Dua jempol sang penguasa Kremlin itu buat para pemrotesnya terekam kamera. Adegan Putin mengacungkan dua jempol dengan ekspresi setengah mengejek dan tertawa terekam oleh televisi lokal NTV. Seperti dilansir AFP, Putin dan Kanselir Jerman Angela Merkel dijadwalkan memberi presentasi tentang model terbaru mobil Volkswagen, Senin (8/4).

Tiba-tiba saja melintas empat perempuan tanpa penutup dada melintas di hadapan Putin, Merkel, dan bos Volkswagen, Martin Winterkorn. Mereka mulai meneriakkan kata-kata kasar. Para feminis ini meletakkan sehelai kertas di dadanya dengan tinta hitam bertuliskan ‘diktator brengsek’.

Petugas keamanan pun segera meringkus para perempuan nekad tadi lantaran dianggap mengganggu acara. Pada hari Kamis sebelumnya, para aktivis dari kelompok Femen itu juga melakukan reli aksinya di depan masjid di Jerman serta kantor kedutaan besar Tunisia. Dengan cara yang sama, mereka mempertanyakan hak-hak perempuan di negara-negara muslim yang mereka nilai terbelenggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement