Rabu 10 Apr 2013 13:06 WIB

AS Akan Tembak Jatuh Rudal Korut

Rep: Nur Aini/ Red: A.Syalaby Ichsan
Fasilitas peluncuran roket Korea Utara berdasar hasil citra satelit DigitalGlobe
Foto: DigitalGlobe
Fasilitas peluncuran roket Korea Utara berdasar hasil citra satelit DigitalGlobe

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat percaya diri dapat mencegah rudal balistik Korea Utara (Korut) masuk ke targetnya.

Komandan tertinggi militer AS di Pasifik, Samuel Locklear, mengatakan senjata nuklir dan rudal balistik jarak jauh Korut merupakan ancaman nyata bagi AS dan sekutunya.

Militer AS menyatakan siap jika Korut berusaha menyerang. Locklear mengatakan, mereka memiliki kemampuan untuk menggagalkan rudal Korut. "Saya percaya kami memiliki kemampuan untuk membela Tanah Air, Guam, Hawaii, dan membela sekutu kami," ujar Locklear.

Selasa lalu, Pyongyang memberi peringatan bagi warga asing di Korea Selatan untuk membuat rencana evakuasi karena semenanjung Korea di ambang perang. 

"Kami tidak ingin membahayakan warga asing di Korea Selatan jika harus ada perang," kata kantor berita resmi Korut KCNA mengutip seorang pejabat dan dilansir the Guardian, Rabu (10/4). 

Laporan KCNA tidak memberikan perincian dan laporan tentang penempatan militer di dekat perbatasan yang terletak kurang dari 40 km dari ibu kota Korsel, Seoul. 

Analis mencatat Pyongyang pernah mengeluarkan ancaman serupa di masa lalu. Peringatan itu dinilai dirancang untuk memperoleh bantuan dan konsesi politik dari Seoul dan Washington. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement