Ahad 14 Apr 2013 00:11 WIB

Luncurkan Lagu Baru, Psy Ingin Bahagiakan Korea Utara

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Mansyur Faqih
 Park Jae Sang alias Psy
Foto: businessinsider.com
Park Jae Sang alias Psy

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Park Jae-Sang yang lebih dikenal dengan Psy meluncurkan lagu barunya yang berjudul Gentlemen. Rapper Korea Selatan yang sukses menggoyang dunia dengan Gangnam Style ini berharap Gentlemen dapat dinikmati pula oleh masyarakat Korea Utara.

Ia mengatakan meski pun sedang dilanda ketegangan, semoga Korea Utara dapat menikmati single terbarunya. Berharap menyusul kesuksesan Gangnam Style, PSY meluncurkan Gentleman di 119 negara pada Jumat lalu. Esok harinya, Sabtu, Video klipnya telah diunggah di YouTube. 

Saat itu, ketegangan Korea Utara dan Selatan semakin memanas. Situasi kedua wilayah sontak menjadi perhatian dunia. Korea Utara telah menjadi negara siap perang dengan melakukan tes misil di Pyongyang. Hal ini menimbulkan rasa was-was pada masyarakat lokal, sekitar hingga dunia.

"Ini adalah tragedi, sekarang kita adalah satu-satunya negara yang sedang terpecah," kata Psy seperti dilansir NewYork Post dari konferensi pers konsernya.

PSY mengatakan pekerjaannya adalah membuat orang-orang tertawa bahagia, termasuk Korea Utara. "Semoga Gangnam Style, Gentlemen, video klipnya, koreografinya dapat mereka nikmati juga," kata dia.

PSY mengakui kesuksesan besar yang diraih Gangnam style sebelumnya sangat mempengaruhi pengerjaan single terbarunya ini. Namun, ia mencoba fokus pada gaya dirinya sendiri dan gaya khas Korea yang mengakar.

Ia berusaha mencari bahasa Korea yang mudah dinyanyikan oleh orang dari negara mana pun. Gentlemen yang berisi lirik berbahasa Inggris dan Korea ini ia aransemen sendiri lirik dan musiknya. Ia menilai, single barunya ini tepat dinikmati di klub-klub tari. 

Pria yang sudah berkecimpung di dunia seni sejak lebih dari 12 tahun ini mengatakan akan membawa Korea kepada masyarakat global. "Saya akan membawa tarian dan lagu Korea mendunia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement