Senin 15 Apr 2013 02:08 WIB

Iran Klaim Selalu Dukung Lebanon

Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.
Foto: Press TV
Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN---Menteri Luar Negeri Iran Ali-Akbar Salehi mengatakan Teheran sejak dulu selalu mendukung persatuan dan perlawanan Islam di Lebanon, kata Press TV.

 

Hubungan baik Iran dengan semua faksi dan kelompok politik di Lebanon dan kebijakannya untuk mendukung perlawanan Islam terhadap kebijakan Israel sejalan dengan dukungan bagi persatuan negeri itu. Salehi mengeluarkan pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan Fadi Haj Ali, Duta Besar Lebanon untuk Teheran.

"Iran dan Lebanon memiliki kemampuan luas guna lebih mengembangkan hubungan (mereka), terutama di bidang ekonomi, perdagangan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan," kata Menteri Luar Negeri Iran itu, yang dikutip Press TV.

Ketika mengomentari krisis Suriah, Salehi mengatakan Teheran menentang kekerasan, serangan teror serta campur tangan asing di Suriah. "Iran percaya satu-satunya penyelesaian bagi krisis (di negara Arab tersebut) ialah melalui cara politik dan damai, dan hanya rakyat Suriah lah yang dapat menentukan nasib politik mereka dan nasib negara mereka dengan dasar kepentingan nasional dan diwujudkannya tuntutan damai dan sah," ia menambahkan.

Saat menyampaikan keprihatinan mengenai konsekuensi dari menyebarnya kerusuhan di Suriah ke negara lain, Menteri Luar Negeri Iran itu berharap krisis tersebut akan dapat diselesaikan melalui upaya semua negara di wilayah itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement