Ahad 14 Apr 2013 15:13 WIB

AS Dekati Asia Timur untuk Gagalkan Perang Korea

Rep: Bambang Noroyono/ Red: A.Syalaby Ichsan
John Kerry
Foto: Reuters/Jacquelyn Martin
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID,  TOKYO -- Tantangan perang nuklir Korea Utara mendesak Amerika Serikat (AS) meningkatkan jalinan dukungan di kawasan. Menteri Luar Negeri AS John Kerry gencar melobi negara-negara di kawasan untuk menghentikan ambisi Perang Korea jilid dua.

Dalam tiga hari terakhir, Kerry yang baru menjabat Februari lalu berkeliling ke negara-negara Asia Timur. Kali ini, giliran Jepang yang dia kunjungi. Aljazeera melaporkan, keberadaan Kerry di Tokyo,  bukan memengaruhi negara-negara tersebut untuk mengisolasi Pyongyang.

Kerry tiba di Tokyo saat Ahad (14/4). Bekas Senator dari  Massachusetts ini bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida. Obrolan keduanya fokus pada upaya negara-negara di kawasan membantu Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un keluar dari 'kebingungan'.

Pakar hubungan internasional Tina Burrett mengatakan, safari politik Kerry di Asia Timur adalah simbolik. Guru Besar dari Universitas Temple di Tokyo ini menilai kunjungan tersebut  bentuk kepastian AS untuk selalu terlibat dalam persoalan Semenanjung Korea.

"Sangat penting disebut, bahwa AS, Korsel dan Jepang akan menegakkan keamanan bersama (di kawasan),'' ujar Burrett, kepada Aljazeera, Ahad (14/4). Selanjutnya kata dia, Kerry mendesak negara-negara di kawasan agar membantu melunturkan ketegangan.

sumber : Associated Press/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement