Senin 15 Apr 2013 04:32 WIB

Begini Cara AS Membujuk Korut

Menlu AS, John Kerry
Foto: AP PHOTO
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry telah menawarkan untuk berunding dengan Korea Utara untuk mengupayakan penyelesaian damai guna mengatasi ketegangan di Semenanjung Korea jika Pyongyang mengambil langkah-langkah untuk menjalankan kewajiban-kewajiban internasionalnya.

Diplomat tertinggi Amerika itu mengatakan Pyongyang punya pilihan jelas untuk mengatasi ketegangan dan Amerika siap untuk berunding dengan Korea Utara. Kerry mengemukakan pernyataan itu pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida di Tokyo seperti dilansir situs voa.

Kerry juga menegaskan lagi komitmen Washington untuk membela Jepang, sekutu penting Amerika di kawasan. Korea Utara telah berulangkali mengeluarkan ancaman akan menyerang Amerika dan sekutu-sekutunya di kawasan, termasuk Jepang dan Korea Selatan, dalam beberapa pekan ini.

Pyongyang menyatakan ancaman-ancaman itu merupakan pembalasan atas latihan militer gabungan Amerika-Korea Selatan dan sanksi-sanksi ekonomi PBB yang dimaksudkan untuk menghukum Korea Utara karena melakukan serangkaian uji coba nuklir dan misil.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement