Senin 15 Apr 2013 19:45 WIB

Mau Perang, Warga Korut Malah Gelar Pesta Olahraga

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung
Foto: AP
Warga Korea Utara berkumpul di depan monumen pemimpin besar mereka Kim Il Sung

REPUBLIKA.CO.ID, Di antara ketegangan akan terjadinya perang nuklir di semenanjung Korea, Korea Utara sempat-sempatnya berpesta menggelar hari libur nasional memperingati ulang tahun ke-101 dari Kim Il Sung, Senin (15/4).

Seperti tak ada kecemasan sama sekali yang terbaca dari rakyatnya, acara pesta rakyat tersebut berlangsung meriah. Dalam acara tersebut juga digelar beberapa perlombaan seperti lomba maraton tahunan Mangyongdae ke-26, yang digelar pada Ahad (14/4).

Acara tersebut bahkan dimeriahkan beberapa peserta yang datang dari luar negeri, seperti Ukraina, Ceko, Zimbabwe, Kenya, dan Etiopia. Sekitar 600 pelari Korea memeriahkan acara perlombaan tahunan tersebut. Lomba lari tersebut bahkan dibuka langsung oleh Menteri Olahraga Korut, Ham Chang Hyok.

"Saya rasa antusias peserta lomba sangat tinggi. Diantaranya warga sendiri," jelas Hyok seperti dikutip dari Kantor berita resmi Korut, KCNA, Senin (15/4).

Selain perhelatan olahraga, dalam acara peringatan ulang tahun ke-101 Kim Il Sung juga akan ditutup dengan parade militer besar-besaran. Korut akan memamerkan kekuatan militernya yang membuat warganya tidak cemas dengan perang yang akan berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement