Senin 22 Apr 2013 06:08 WIB

Solidaritas Suriah dan Boston

Solidaritas rakyat Suriah terhadap pengeboman Boston
Foto: FACEBOOK/Kafranbel
Solidaritas rakyat Suriah terhadap pengeboman Boston

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah pesan luar biasa sekaligus kompleks. Mungkin ada yang menganggapnya foto berpesan ganda, namun untuk menyebut itu bisa jadi menuduh kejujuran dan kualitas ketulusan gambar tersebut.

Sesuatu yang luar biasa dari potret ini adalah komunikasi mengenai kontradiksi. Penghuni kota yang porak-poranda di Suriah mengekspresikan solidaritas dengan Boston dan membuat mereka diketahui publik lebih luas: dunia internasional.

Kredit utamanya yakni mereka tahu apa yang warga Boston rasakan. Saat bersamaan, juga menunjukkan bagaimana penderitaan Suriah selama ini dan masih akan terus diabaikan

Dari sisi lain, foto ini juga mengisyaratkan kepada warga Amerika: Apa yang membuat Anda berpikir penderitaan Anda lebih penting dari kami, ketika maraton kami berlangsung tiap hari untuk bertahan dari ledakan kembar semacam di Boston?

Sebagai jawaban ungkapan duka cita dari Kafranbel, warga Boston menulis sebuah pesan solidaritas terhadap rakyat Suriah dan perjuangan  mereka. Kedua foto tersebut terpampang di laman Facebook gerakan oposisi Suriah, Kafranbel, Dalam laman Facebooknya, Kafranbel pun berterima kasih atas jawaban warga Boston.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement