Senin 22 Apr 2013 08:18 WIB

Pengusaha Hiburan Dominasi Daftar Orang Terkaya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Heri Ruslan
Warner Music
Warner Music

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sunday Times merilis daftar orang terkaya di Inggris. Di dalamnya, tercatat 88 orang terkaya berprofesi dibidang hiburan, seperti media, film dan musik.

Profesi bidang keuangan, real estate dan sektor industri menempati setelahnya. Selain itu juga sebanyak 65 orang pengusaha di bidang komputer, internet dan telekomunikasi masuk dalam jajaran orang terkaya.

 

Media yang dimiliki oleh Rupert Murdoch ini merilis 1.000 orang terkaya di Inggris pada Ahad (21/4) waktu setempat.

Selain 1.000 orang terkaya, Sunday Times mencatat kekayaan yang dimiliki oleh beberapa pulik figur Inggris seperti Chris Martrin (Coldplay), Gwyneth Paltrow, Tim Burton, Helena Bonham Carter, Christopher Nolan dan Emma Thomas.

 

Di dalam daftar ini, posisi pertama diraih oleh seorang jutawan Rusia, Alisher Usmanov yang memiliki 30 persen investasi dari klub sepak bola Arsenal. Kekayaannya diperkirakan mencapai 20,3 triliun dolar AS (13.3 triliun poundsterling).

Posisi kedua kembali diraih oleh seorang berdarah Rusia Len Blavatnik, pemilik Warner Music Group. Kekayaannya pada tahun 2013 mencapai 16,8 triliun dolar AS (11 triliun poundsterling) meningkat 7,6 triliun poundsterling pada tahun lalu.

Pengusaha lain di industri hiburan menempati posisi setelahnya. Richard Branson yang tahun lalu berada di rangking 16 harus turun ke posisi 19. Selain itu pemilik Zomba Records yang telah menjualnya pada 2002, Clive Calder menempati posisi 58. Pengusaha media, Richard Desmond, sang pemilik Northern & Shell Group yang memiliki Channel 5 dan koran berada di posisi 98 (1,3 triliun dolar AS).

Musisi Paul McCartney menempati posisi 133, turun dari posisi 124 tahun lalu. Kekayaannya mencapai 1.04 triliun dolar AS. Sementara pencipta acara kompetisi musik, Simon Fuller menempati posisi 238 pada tahun ini (571 juta dolar AS). Selain itu Simon Cowell sang juri di beberapa kompetisi musik berada diposisi 319 (380 juta dolar AS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement