Kamis 25 Apr 2013 07:22 WIB

Hari Ini Terusan Suez Dibangun

Rep: Niken Paramitha Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto
Terusan Suez
Foto: egyptford
Terusan Suez

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, 25 April 1859 Terusan Suez mulai dibangun. Terusan ini berada di sebelah barat Semenanjung Sinai. Terusan yang memisahkan benua Asia dan Afrika ini panjangnya 163 km terletak di Mesir dan menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Pengerjaan Terusan Suez dilakukan dalam waktu 11 tahun dan selesai pada 1870. Dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.

Terusan ini mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara dan selatan Danau Great Bitter, menghubungkan Laut Tengah ke Teluk Suez

Dalam era Perang Dunia I Terusan Suez yang saat itu berada di bawah kekuasan Inggris, diserang oleh pasukan Jerman dan Turki Ottoman. Posisi Suez yang sangat strategis, yaitu menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, menjadikan terusan ini objek rebutan antara pasukan Sekutu dan Axis.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement