Jumat 26 Apr 2013 07:44 WIB

Salmon Raksasa Hasil Rekayasa Ditentang Konsumen

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: A.Syalaby Ichsan
salmon raksasa
Foto: the guardian
salmon raksasa

REPUBLIKA.CO.ID, PANAMA -- AquaBonty Tehnologies, sebuah perusahaan Amerika yang mengembangkan ikan salmon raksasa hasil rekayasa genetika (RG) di Panama siap untuk memasarkan produknya. 

Namun, perusahaan masih mendapat pertentangan dari banyak kalangan yang menghalangi pemasaran produk hasil teknologinya tersebut. Kolam pengembangan ikan salmon RG ini terletak di lokasi terpencil di tepi Sungai Calderas di dataran tinggi baran Provinsi Chiriqui, Panama. 

 

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat gudang industri dengan empat kolam raksasa di atas tanah yang dipagar kawat tinggi. Hampir lima ribu ekor ikan salmon RG telah dikembangbiakkan di sana.

 

Direktur Aquatic Resources Authority of Panama, Giovanni Lauri, mengaku optimis ikan ini bisa dilepas ke pasar. "Dari apa yang kami ketahui, mereka melakukan tes selama bertahun-tahun dan hal terakhir kami dengar kemungkinan pemasarannya akan disetujui dalam waktu dekat," ujarnya, dilansir dari the Guardian, Jumat (26/4).

AquaBounty masih harus mengatasi perlawaran tangguh dari super market dan organisasi konsumen, kelompok pecinta lingkungan, dan nelayan komersial yang menjual ikan. 

Prospek memperkenalkan ikan salmon RG ke pemasok makanan telah menghasilkan gairah yang sangat besar. Namun, Aqua Bounty menerima setidaknya 36 ribu komentar penolakan. Sebagian besar mereka mengatakan akan memboikot ikan tersebut jika datang ke pasar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement