Jumat 26 Apr 2013 10:38 WIB

Venezuela Sita 2,7 Ton Kokain 'Plastik Daur Ulang'

Bubuk kokain.
Foto: WordPress
Bubuk kokain.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAKAS -- Pemerintah Venezuela menyita hampir 2,7 ton kokain tingkat tinggi di Negara Bagian Zulia di bagian barat-daya negeri tersebut. Demikian kata Menteri Dalam Negeri dan Kehakiman, Miguel Rodriguez, Kamis (25/4) waktu setempat.

"Kami bisa melancarkan pukulan terhadap jaringan penyelundup narkotika internasional dengan menyita 2.694 kilogram kokain yang dikemas dalam beberapa paket khusus. Kami menduga barang haram itu ditujukan ke Honduras," kata Rodriguez sebagaimana dikutip Kantor Berta Venezuela (AVN).

Narkotika yang dicegat di Pelabuhan Maracaibo itu diberi cap "plastik untuk daur-ulang" guna menghindari pendeteksian.

''Penyitaan itu adalah yang terbesar ketiga sepanjang tahun ini di negeri tersebut,'' kata Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat.

Pada Februari, Pemerintah Venezuela menyita lima ton marijuana di Negara Bagian Tachira di perbatasan barat-daya negeri itu. Mereka kemudian menyita 4,1 ton kokain di Zulia pada Maret.

Pemerintah Venezuela menyita lebih dari 14,6 ton narkotika pada kuartal pertama 2013. Jumlahnya naik 32,4 persen selama masa yang sama pada 2012. Pada tahun lalu, sebanyak 45 ton barang haram ditemukan atau disita.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement