Ahad 28 Apr 2013 06:30 WIB

Sepuluh Tewas Dalam Kerusuhan Penjara Mexico

Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Sepuluh orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam kerusuhan penjara di pusat negara bagian San Luis Potosi, Mexico, Sabtu (27/4) waktu setempat. Demikian kata pejabat setempat.

Polisi negara bagian mengatakan mereka telah menegakkan kembali kontrol dalam blok sel penjara La Pila di ibu kota negara bagian San Luis Potosi setelah terjadi perkelahian antar-tahanan. Demikian menurut posting di halaman media sosial resmi kementerian keamanan.

Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kerusuhan. Apakah para tahanan itu anggota gerombolan narkoba, yang memicu pertempuran keras di seluruh Mexico.

Kerusuhan-kerusuhan mematikan telah berulang kali mengguncang penjara negara yang penuh sesak. Penjara yang adalah rumah dari para tahanan kasus obat terlarang berbeda geng yang telah memperebutkan rute penyelundupan dan pasaran lokal.

Pembunuhan terkait dengan kejahatan terorganisir turun 14 persen menjadi 4.249 dalam empat bulan pertama masa kepresidenan Enrique Pena Nieto. Dia mengambil alih kekuasan pada Desember dan bersumpah untuk mengurangi kekerasan yang telah menodai perekonomian terbesar kedua di Amerika Latin itu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement