Senin 29 Apr 2013 07:59 WIB

Hari ini di 1429 Tentara Prancis Mengusir Tentara Inggris

Penampilan Jeanne d'Arc pertama kali di depan warga Prancis serta memberikan semangat untuk melawan Inggris
Foto: visitnormandy
Penampilan Jeanne d'Arc pertama kali di depan warga Prancis serta memberikan semangat untuk melawan Inggris

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini, pasukan Prancis di bawah kepemimpinan kharismatik seorang perempuan, Jeanne d'Arc, berhasil mengusir tentara Inggris dalam pertempuran yang diberi nama Pertempuran Orleans. Ini adalah kemenangan Prancis yang pertama bagi Jeanne d'Arc pada masa Perang Seratus Tahun dan merupakan titik balik dalam perang antara Perancis dan Inggris tersebut.

Setelah kematian Henry V dari Inggris, yang telah naik takhta sebagai penguasa Perancis, putra Henry yang masih bayi, Henry VI dari Inggris, dinamakan sebagai Raja Prancis. Charles VII dari Prancis, putra raja Perancis sebelumnya, Charles VI, sangat lemah dan tidak berbuat apapun untuk mengklaim haknya hingga Jeanne d'Arc, seorang gadis berusia 17 tahun yang mengklaim telah mendengar suara Tuhan, membujuknya untuk mengambil langkah.

Kemenangan Perancis ini di Orleans adalah sebuah titik balik yang penting untuk pihak Perancis karena hal ini menyemangati para pendukung Charles VII. Setelah Orleans, Charles diangkat menjadi raja di Reims, dan Prancis memperoleh kemenangan di Paris dan Patay. Jeanne d'Arc ditangkap oleh orang-orang dari Bourgogne, dan diserahkan kepada pihak Inggris, yang menyatakan dia tidak bersalah atas tuduhan penggunaan ilmu sihir dan tuduhan melawan Gereja Katolik Roma. Jeanne akhirnya dieksekusi.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement