Selasa 30 Apr 2013 09:57 WIB

Hari Ini di 1803, AS Membeli Louisiana Seharga 15 Juta Dolar

WIlayah Louisiana
Foto: wwp.greenwichmeantime.com
WIlayah Louisiana

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini 1803, Prancis menjual wilayah Louisiana kepada Amerika Serikat dengan harga 15 juta dolar. Saat itu, Louisiana adalah jajahan Perancis di Amerika Utara. Pembelian ini menjadikan wilayah Amerika Serikat yang masih muda menjadi lebih dari dua kali luasnya. Sejarah membuktikan bahwa harga yang dibayar, yaitu 15 juta dollar, ternyata sangat murah.

Louisiana sekarang adalah negara bagian Amerika Serikat. Negara bagian ini terletak di sebelah tenggara Amerika Serikat. Selain bahasa Inggris, bahasa Prancis juga merupakan bahasa resmi di daerah ini.

Ibukotanya adalah Baton Rouge. Kota terbesarnya adalah New Orleans. Parish dengan penduduk terbanyak adalah Jefferson Parish, dan yang terluas adalah Cameron Parish. Louisiana adalah satu-satunya negara bagian di Amerika Serikat yang terdiri atas parish, yang pemerintahan daerahnya setingkat dengan county. 

Kota-kota di Louisiana memiliki warisan multikultural dan multibahasa, terutama dipengaruhi oleh budaya Prancis, Spanyol, dan Afrika abad ke-18, dibandingkan dengan sebagian besar kota-kota di Amerika Serikat lainnya. Sebelumnya merupakan bagian dari New France, Louisiana Selatan merupakan daerah asal dituturkannya bahasa Prancis Cajun dan bahasa Prancis Kreol Louisiana. Etnis Afro-Amerika/ Franko-Afrika, dan etnis Prancis/Kanada-Perancis, keduanya merupakan kelompok etnis terbesar di Louisiana.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement