Kamis 02 May 2013 08:41 WIB

Gunung Fuji Akan Masuk Daftar UNESCO

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu
Gunung Fuji
Foto: Republika/Daniel Wewengkang
Gunung Fuji

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Dalam pernyataan resminya, UNESCO berencana memasukkan Gunung Fuji di Jepang sebagai satu lagi situs warisan dunia.

Lembaga Kebudayaan Jepang menyampaikan, anggota Dewan Penasihat PBB merekomendasikan Gunung Fuji untuk didaftarkan ke UNESCO. Keputusan resmi diharapkan dapat diambil saat Dewan Warisan Dunia UNESCO bertemu di Kamboja Juni mendatang.

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi Jepang dengan ketinggian 3.776 meter. Gunung vulkanis ini terakhir meletus sekira 300 tahun lalu. Terletak di barat daya Tokyo, Gunung Fuji dapat terlihat dari pusat kota saat hari cerah. Gunung yang terlihat hampir simetris ini merupakan satu dari tiga gunung suci di Jepang selain Gunung Tate dan Gunung Haku.

Dilansir BBC News, Rabu (1/5) kemarin, Lembaga Kebudayaan Jepang menyampaikan, Dewan Internasional Monumen dan Situs (Incomos) telah menyetujui Gunung Fuji laik masuk daftar UNESCO. Incomos bertanggung jawab mengevaluasi kekayaan budaya yang dinominasikan dalam Daftar Warisan Dunia dan mengumpulkan rekomendasi itu pada pertemuan tahunan UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement