Kamis 02 May 2013 18:57 WIB

Perang Hancurkan Menara Terindah di Damaskus

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Citra Listya Rini
Damaskus, Suriah, pusat Daulah Umayyad (ilustrasi).
Foto: ucalgary.ca
Damaskus, Suriah, pusat Daulah Umayyad (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid Umayyad sering kali disebut mesjid terindah di Damaskus. Salah satu pusat tujuan wisata di Suriah ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia Unesco. 

Sayangnya, perang menghancurkan sebagian dari bangunan masjid Umayyad. Lebih getirnya lagi menara simbol kota yang dibangun 1090 sekarang rata dengan tanah. Entah siapa yang bersalah, baik pemerintah Suriah dan Pemberontak saling tuding. 

Satu hal yang pasti Menara Masjid Umayyad adalah satu bangunan yang hancur akibat perang. Awal 2013, masjid tersebut jatuh ke tangan pemberontak namun kawasan di sekitarnya tetap menjadi rebutan. Satu minggu lalu menara Masjid Omar di Selatan kota Daara juga luluh lantak akibat perang. 

Padahal Masjid Omar diketahui sebagai bangunan bersejarah yang dibangun kala Kalifah Umar bin Khattab menaklukan Suriah di Abad Ketujuh. Suriah memang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak situs ribuan tahun, termasuk pusat budaya taman Palmyra. 

Sedangkan Damaskus selama ini dikenal sebagai salah satu kota tertua di dunia yang masih dihuni penduduk. UNESCO menyatakan sejak perang sipil terjadi di Suriah, sebanyak lima situs warisan dunia mengalami kerusakan. Pada bulan September 2012, Masjid Al Madina Souq, simbol kota Aleppo lainnya juga hancur akibat terbakar. 

Masjid yang dibangun abad ke-14 ini terpaksa hancur karena rezim Assad berusaha membubarkan protes rakyat dan pemberontak di kota itu. Direktur Jenderal PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan menyayangkan terjadi kerusakan di Suriah. Ia sangat prihatin perang ini mengancam warisan budaya yang begitu luar biasa di Suriah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement