Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Serang Toko Milik Umat Islam, Dua Warga Buddha Myanmar Ditangkap

Sabtu 04 May 2013 21:08 WIB

Red: Heri Ruslan

Rumah dan masjid milik Muslim Myanmar Dibakar.

Rumah dan masjid milik Muslim Myanmar Dibakar.

Foto: AP Photo/Zin Chit Aung

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Dua warga Buddha ditahan setelah  toko milik warga Muslim dirusak di negara bagian Kachin, kata polisi pada Sabtu, dalam kekerasan baru di negara itu.

Myanmar dilanda ketegangan agama parah setelah gelombang kerusuhan menelan korban jiwa pada Maret, saat biksu dan warga Buddha menyerang daerah Muslim, sementara kekerasan semakin dekat ke kota utama Yangon.
Tetapi, itu pertama kali kekerasan serupa dilaporkan di negara bagian Kachin, yang berpenduduk mayoritas Kristen, dan tempat tinggal berbagai kelompok suku dan agama, yang bekerja di industri kayu dan batu permata.

 "Kami telah menangkap dua orang di lokasi kejadian... dan masih memeriksa mereka. Kami akan mengadili mereka kita cukup bukti," kata seorang perwira polisi di Kachin kepada AFP setelah aksi kekerasan Kamis malam. Ia tidak bersedia namanya disebut.

Daerah yang kaya sumber alam dan berbatasan dengan China itu  kini dilanda konflik antara pemberontak etnik Kachin dan tentara Myanmar.

 "Sekitar 30 orang datang pada Kamis petang dan melemparkan batu ke toko dan rumah kami," kata Moe MoeLwin (46 tahun), wanita Muslim dari desa di kotapraja Hpakant, Kachin.


 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA