Ahad 05 May 2013 20:05 WIB

Barisan Nasional Unggul Sementara di Penghitungan Suara

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Citra Listya Rini
Barisan Nasional
Foto: Kuala Lumpur Post
Barisan Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Menurut sebuah laporan tak resmi, Democratic Action Party, koalisi Pakatan Rakyat berhasil mengalahkan Barisan Nasional di Penang, Malaysia. 

Mereka berhasil meduduki 19 kursi dari 40 kursi yang tersedia. Artinya, seperti dikutip dari Malaysia Insider, Pakatan Rakyat hanya butuh dua kursi lagi untuk menguasai mayoritas suara di Penang. Sementara itu dari perhitungan sementara Barisan Nasional berhasil memimpin. 

Sebelumnya, Anwar Ibrahim telah mengumumkan kemenangan Pakatan Rakyat. Ia pun memperingatkan pendukung Pakatan Rakyat agar berhati-hati terhadap pembajakan hasil. Berdasarkan penghitungan awal Malaysia, saat ini Barisan Nasional menguasai Putra Jaya, Lembah Pantai, Julau, Betong, Serian, Mukah, Lawas, Limbang, Batang Lupar dan Kapit. 

Sementara itu, Pakatan Rakyat mampu unggul di Gelang Patah dan Bandar Kuching. Sebagian penghitungan masih berkategori tak resmi.

Di Lembah Pantai, Raja Nong Chik Raja Zainal dari Barisan Nasional berhasil mengungguli jauh putri Anwar Ibrahim, Nurul Izzah Anwar. PKR salah satu partai koalisi Pakatan Rakyat sebelumnya mencurigai terjadinya kecurangan pada pemilu awal di tiga daerah, Lembah Pantai, Lumut, dan Teluk Kemang. 

Mereka menganggap jumlah pemilihnya sangatlah rendah. ''Hasil awal yang kami terima, dari penghitungan suara di awal sudah sangat tak menyenangkan,'' ucap keterangan resmi PKR yang mengusung aturan Islam dalam konstitusi Malaysia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement