Selasa 07 May 2013 12:13 WIB

Jet Tempur Nigeria Jatuh, Dua Tewas

Rep: Hannan Putra/ Red: Fernan Rahadi
Jet Alpha (ilustrasi)
Foto: military-today.com
Jet Alpha (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NIGER -- Sebuah jet tempur Nigeria berjenis jet Alpha jatuh di 60 kilometer sebelah barat Niamey Niger, Senin (6/5). Pihak keamanan mengatakan, dua orang awak pesawat  tewas.

Juru bicara Angkatan Udara Nigeria, Marsekal Pertama Yusuf Anas mengatakan belum jelas apakah jet tersebut jatuh karena ditembak atau kesalahan teknis dari pilot.

"Hingga saat ini, penyelidikan masih berlangsung untuk mencari tahu apa yang terjadi. Pesawat itu sedang dalam penerbangan rutin normal sekitar 60 kilometer sebelah barat Niamey ketika sesuatu terjadi," kata Anas seperti dilansir dari Xianhua, Selasa (7/5).

Sementara itu, sumber keamanan Niger mengatakan jet tempur tersebut jatuh di wilayah Dargol, Tillabery yang masih berbatasan dengan Mali. Pihak keamanan tersebut juga membantah dugaan jatuhnya jet itu karena ditembak musuh.

"Pesawat itu tidak ditembak. Itu bukan wilayah musuh, maka untuk sementara ini kami menganggap penyebabnya mungkin gangguan mekanik," kata seorang pejabat keamanan lain dari Niger yang tak bersedia disebutkan namanya.

Pihak keamanan Nigeria saat ini tengah mengintensifkan operasi militer terhadap militan Alqaidah di Mali. Jet tempur yang sengaja ditempatkan di Niger sebagai bagian dari skwadron Nigeria yang mendukung misi tersebut di Mali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement