Selasa 07 May 2013 16:32 WIB

Brasil Pesan 6.000 Dokter Kuba

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Konsultasi dokter/ilustrasi
Foto: medicalcareers.nhs.uk
Konsultasi dokter/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Pemerintah Brasil melakukan negosiasi dengan Kuba untuk menyewa sekitar 6.000 dokter. Mereka akan ditempatkan di negara tersebut untuk memenuhi kebutuhan medis. 

"Kuba sangat mahir dalam bidang kedokteran, farmasi, dan bioteknologi dan Brasil tengah mempertimbangkan untuk menerima dokter Kuba," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Brasil, Antonio Patriota seperti dilansir PressTV, Selasa (7/5).

Patriota mengatakan pembicaraan melibatkan sekitar 6.000 profesional kesehatan Kuba. Brasil saat ini menghadapi masalah kekurangan fasilitas medis. 

Sementara itu, Asosiasi Medis Brasil menentang gagasan tersebut dengan mengkritik standar sekolah kedokteran Kuba. Mereka berpendapat dalam beberapa kasus, standar sekolah kedokteran Kuba setara dengan program keperawatan Brasil.

Selain terkait medis, Patriota mengatakan Brasil akan membiayai modernisasi lima bandara di Kuba. Selama satu dekade terakhir, Kuba telah mengirimkan sekitar 30 ribu dokter ke Venezuela. Setiap tahun, Havana mendapat enam miliar dolar AS dari Caracas untuk pelayanan medis Kuba di Venezuela. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement