Ahad 12 May 2013 08:08 WIB

PM Israel Ingin Temui Presiden Rusia

Benjamin Netanyahu
Foto: Reuters/Sebastian Scheiner
Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berencana menemui Presiden Vladimir Putin pekan depan. Salah satu agenda dalam kunjungan itu, seperti dilaporkan AFP, Ahad (12/5), adalah untuk membahas rencana Moscow menyuplai rudal anti-pesawat tempurnya ke Suriah.

"Kunjungan tersebut saat ini sudah dalam tahap persiapan aktif," ungkap seorang sumber diplomatik kepada kantor berita RIA Novosti.  Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengonfirmasi rencana kunjungan itu kepada kantor berita AFP namun tidak menyebutkan detail lebih jauh.

Surat Kabar Israel, Haaretz pada Jumat (10/5) melaporkan kalau rencana Netanyahu menemui Putin untuk membahas soal penjualan rudal anti-pesawat tempur s-300 milik Rusia kepada Suriah. Netanyahu juga dilaporkan akan mendorong peningkatan perhatian terkait nuklir Iran.

Israel pada pekan lalu telah dua kali melancarkan serangan terhadap sejumlah instalasi militer Suriah di Damaskus, terutama pusat penelitian militer di pinggiran Ibu Kota Suriah tersebut, Jamraya. Agresi itu mendapat kecaman sejumlah negara seperti Sudan, Turki dan Irak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement