Senin 13 May 2013 08:24 WIB

Hari Ini di 1981 Mehmet Ali Agca Menembak Paus Yohanes Paulus II

Paus Yonahes Paulus II saat ditembak oleh Mehmet Ali Agca, 13 Mei 1981
Foto: telegraf.co.uk
Paus Yonahes Paulus II saat ditembak oleh Mehmet Ali Agca, 13 Mei 1981

REPUBLIKA.CO.ID,Mehmet Ali Agca, warga Turki, hari ini di 1981 mencoba membunuh Paus Yohanes Paulus II. Mehmet Ali Agca (lahir di İsmailli, Provinsi Malatya, 9 Januari 1958) adalah seorang militan Turki menembak Paus Yohanes Paulus II di Lapangan Santo Petrus.

Agca adalah penjahat kecil-kecilan dan merupakan anggota geng jalanan di kampung halamannya. Dia kemudian menjadi penyelundup dalam perdagangan antara Turki dan Bulgaria. Agca lalu pergi ke Suriah di mana dia memperoleh latihan dalam persenjataan dan taktik teroris selama dua bulan. Setelah latihan ini dia bergabung dengan kelompok sayap kanan garis keras Turki, Serigala Kelabu, yang pada saat itu mencoba menggoyang pemerintahan Turki. Pada 1979, Agca membunuh Abdi ipekci, seorang editor surat kabar di Istanbul atas perintah Serigala Kelabu. Dia ditangkap namun berhasil melarikan diri dengan bantuan dari Serigala Kelabu.

Agca kemudian lari ke Bulgaria, dan pada Agustus 1980 mulai menyeberangi wilayah Mediterania. Dia memasuki Roma pada 10 Mei 1981 melalui kereta api dari Milan. Di Roma dia mengklaim bertemu dengan tiga rekannya, dua orang Bulgaria dan seorang Turki.

Rencananya saat itu Agca, dan penembak cadangannya Oral Celik menembak Paus dari Lapangan Santo Petrus dan kemudian meledakkan sebuah bom untuk memicu kepanikan sehingga mereka dapat melarikan diri ke kedutaan besar Bulgaria. Namun setelah Agca menembak, Celik panik dan melarikan diri.

Penembakan Paus terjadi saat ia mengendarai sebuah mobil terbuka.

Motif percobaan pembunuhan yang dilakukan Agca ini tidak jelas. Dia pernah mengatakan bahwa saat di Bulgaria dia pernah ditemui anggota Dinas Rahasia Bulgaria dan ditawarkan 3 juta Mark untuk membunuh sang Paus namun hal ini kemudian disangkalnya. Ada pula yang menyebut bahwa ada keterlibatan dinas rahasia Soviet, KGB.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement