Senin 13 May 2013 14:13 WIB

WHO: Virus Corona Baru Dapat Menular Antarmanusia

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Virus Corona (ilustrasi)
Foto: IST
Virus Corona (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, virus corona baru terlihat dapat menular antarmanusia. Pernyataan itu datang setelah menteri kesehatan Prancis mengonfirmasi pria kedua yang terserang virus dengan kemungkinan penyebaran antarmanusia.

Dua orang terinfeksi lainnya yang berasal dari Arab Saudi dilaporkan meninggal dunia. Virus Corona atau NCoV diketahui menyebabkan pneumonia hingga gagal ginjal.

Data WHO menunjukkan, sejak 2012 telah terjadi 33 kasus di seluruh Eropa dan Timur Tengah dengan 18 kematian. Kasus terdeteksi di Saudi dan Yordania serta menyebar hingga ke Jerman, Inggris, dan Prancis.

"Tentu yang paling memprihatinkan adalah kenyataan, kelompok berbeda di beberapa negara semakin mendukung hipotesis ketika ada kontak erat, coronavirus dapat menular dari manusia ke manusia," bunyi pernyataan WHO dilansir BBC.

Virus corona berasal dari keluarga yang sama dengan SARS. Virus SARS menyebar di Asia pada 2003. Namun, NCoV memiliki perbedaan dengan Sars. Corona dikenal menyebabkan infeksi pernapasan baik pada manusia maupun hewan. Namun, belum jelas apakah ada mutasi virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement