Kamis 16 May 2013 10:34 WIB

Topan Mahasen Ancam Warga Bangladesh dan Myanmar

Rep: Nur Aini/ Red: Heri Ruslan
Topan Mahasen
Foto: nasa.gov
Topan Mahasen

REPUBLIKA.CO.ID, RAKHINE -- Topan Mahasen yang bertiup di atas Teluk Benggala mengancam permukiman ribuan warga di daerah dataran rendah di Bangladesh dan Myanmar.

Pihak berwenang Bangladesh menaikkan tingkat bahaya bagi tujuh dari 10 wilayah di dataran rendah sekitar Chittagong dan distrik pesisir Cox Bazar. Di Myanmar, beberapa pengungsi menolak dievakuasi dari kamp di negara bagian Rakhine. Diperkiakan topan akan menerjang daratan pada Kamis (16/5) waktu setempat.

PBB telah memperingatkan 8,2 juta orang bisa mendapat dampak dari Topan Mahasen di Bangladesh, Myanmar, dan India utara-timur. BBC melaporkan puluhan ribu Muslim Rohingya yang tinggal di kamp-kamp di dataran rendah di negara bagian Rakhine dikhawatirkan mendapat dampak topan tersebut.

 Mereka mengungsi karena kekerasan etnis tahun lalu dan banyak yang enggan pindah dari kamp.

Di Bangladesh, ratusan ribu orang mendiami daerah yang hanya beberapa meter di atas permukaan laut. Mereka dipindah pada Rabu menjelang gelombang badai yang ditakutkan bisa mencapai 5 meter lebih. Bandara di Cox Bazar dan Chittagong ditutup sampai bahaya reda.

Meskipun badai tidak menerjang daratan di Sri Lanka, hujan deras menyebabkan banjir dan tanah longsor. Bencana itu telah menewaskan sedikitnya tujuh orang. Sementara itu, pada 2008, Topan Nargis menewaskan 100 ribu orang di pesisir Myanmar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement