Kamis 16 May 2013 22:40 WIB

Yordania Resmi Usir Dubes Israel

Bendera Israel
Bendera Israel

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Pemerintah Yordania secara resmi membenarkan berita pengusiran Duta Besar Israel. Mohammad Al Momani, Menteri Informasi Yordania, mengatakan Daniel Nevo, Dubes Israel di Amman, secara resmi keluar dari Yordania.

''Daniel Nevo diusir setelah dipanggil Kementerian Luar Negeri dan mendapat kritikan keras terkait sikap Israel yang menistakan kesucian Islam di Palestina," kata Mohammad Al Momani, seperti dikutip Qodsna, Kamis (16/5).

Beberapa hari lalu, parlemen Yordania menuntut pengusiran Dubes Israel dan menarik Dubesnya dari Israel sebagai protes atas penistaan yang dilakukan Israel terhadap Masjid Al Aqsha dan penangkapan Mufti Baitul Maqdis.

Selain itu, sebanyak 76 anggota parlemen Yordania menandatangani petisi bersama. Mereka menuntut pembatalan Perjanjian Wadi Araba yang ditandatangani Israel dan Yordania pada 1994.

Langkah para anggota parlemen Yordania itu dinilai banyak pengamat politik sebagai langkah bersejarah dan menentukan dalam hubungannya dengan Israel. 

Rapat parlemen yang membahas pengusiran Dubes Israel dari Yordania juga dihadiri Perdana Menteri dan anggota Kabinet pemerintah Yordania.

sumber : www.irib.ir
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement