Jumat 17 May 2013 07:12 WIB

10 Tornado Terjang Texas, Enam Tewas Tujuh Hilang

angin Tornado
angin Tornado

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Enam orang tewas, puluhan lagi cedera dan tujuh orang belum ditemukan setelah 10 tornado menerjang beberapa permukiman kecil di Texas Utara, Amerika Serikat, pada Rabu malam waktu setempat. Demikian kata para pejabat AS pada Kamis.

Dinas Cuaca Nasional AS memberi perkiraan awal mengenai angin puting beliung dahsyat pada Rabu malam itu. Dinas menyatakan tornado di Granbury --kota kecil di Hood County-- berisi angin dengan kecepatan antara 166 kilometer per jam dan 200 kilometer per jam.

Tornado lain merusak banyak bangunan di Cleburne dan Millsap yang lokasinya berdekatan. Granbury adalah daerah yang paling parah diterpa tornado. Sementara, stasiun TV lokal ABC13 melaporkan tornado kuat menerjang dua permukiman pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Perkiraan awal Dinas Cuaca Nasional mengenai topan ialah EF-4 berdasarkan skala kerusakan tornado Fujita. ''Skala EF-5 adalah yang paling parah,'' kata laporan tersebut.

Topan kuat itu dilaporkan membuat banyak bangunan jadi tumpukan puing dan logam. ''Pohon dan reruntuhan bertebaran di halaman dan pagar rebah di tanah,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Jumat pagi.

''Semua korban jiwa yang dikonfirmasi adalah orang dewasa,'' kata Sheriff Hood County, Roger Deeds.

Warga setempat dan petugas pertolongan menemukan beberapa mayat di rumah dan sekitar beberapa rumah. Dua korban topan bahkan tak berada di dekat rumah mereka.

''Tujuh orang belum ditemukan dan pemerintah berharap mereka bersama keluarga atau teman mereka,'' kata Deeds dalam satu taklimat. ''Sebanyak 37 orang dirawat di beberapa rumah sakit.''

Satu permukiman, Rancho Brazos, memiliki sejulah tempat Habitat for Humanity yang mengalami kerusakan. Sebanyak 20.000 rumah dan tempat usaha di wilayah itu tak memperoleh listrik pada Kamis pagi akibat terjangan topan tersebut.

Wali Kota Cleburne, Scott Cain, mengatakan tak seorang pun tewas atau luka parah. Namun, tujuh orang menderita luka ringan dan lebih dari 150 rumah rusak serta 50 rumah lagi hancur.

Satu lagi tornado menyapu Kota Kecil Millsap. Atap yang rusak dilaporkan dialami beberapa rumah dan satu gudang hancur. Tapi, tak ada laporan mengenai orang yang cedera.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement