Jumat 17 May 2013 19:28 WIB

Ke Israel, Bos CIA Bahas Suriah

Oposisi Suriah memasang roket untuk menyerang pasukan pemerintah Bashar al-Assad
Foto: Reuters
Oposisi Suriah memasang roket untuk menyerang pasukan pemerintah Bashar al-Assad

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM -- Direktur Dinas Intelijen Pusat AS (CIA), John O'Brennan, tiba di Israel, Kamis malam (16/5). Ia akan membahas krisis Suriah dengan Menteri Pertahanan Israel, Moshe Ya'alon.

Itu adalah kunjungan pertama O'Brennan ke negeri tersebut sejak Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menempatkannya di posisi tersebut, pada Maret. Ia dijadwalkan bertemu dengan Ya'alon dan menerima penjelasan dari para pejabat pertahanan Israel mengenai krisis Suriah serta dampaknya. 

Channel 2 Television melaporkan, Ya'alon diperkirakan menyampaikan kembali kebijakan Israel yang berkeras. Meski pun Tel Aviv tak mau menjadi bagian dari perang di Suriah. Negara Yahudi itu bertekad mencegah pengiriman senjata dari negeri tersebut ke gerilyawan Lebanon, Hizbullah.

Kunjugan pemimpin CIA itu ke Israel dilakukan sehari setelah pemberitaan New York Times. Media itu mengutip seorang pejabat senior Israel yang mengatakan negaranya akan terus melakukan aksi militer guna menggagalkan pengiriman senjata canggih kepada Hizbullah.

Pejabat itu mengancam Presiden Suriah, Bashar al-Assad. "Jika ia bereaksi dengan menyerang Israel atau berusaha menyerang Israel melalui kelompok asuhannya, ia akan menerima risiko kehilangan rezimnya. Sebab Israel akan membalas," kata pejabat itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement